Kamis, 14 Oktober 2010

Welcome to Desa Wisata Gumeng

Desa Gumeng merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah. Mungkin dengan menyebut kata Desa Gumeng masih terasa asing di telinga kita, namun bila kita menyebut Candi Ceto (Ceto Temple) tentu sudah tidak terasa asing lagi. Apalagi nama candi tersebut sudah masuk ke dalam buku panduan "Lonely Planet" sehingga sudah terkenal hingga mancanegara.

Desa ini terletak pada ketinggian 1400 mdpl di lereng Gunung Lawu. Memasuki wilayah ini kita akan disambut dengan pemandangan hamparan kebun teh yang sangat indah dan menyejukkan hati. Apalagi dengan menghirup udara segar di wilayah ini, tentu saja akan terasa sensasi relaksasi yang melegakan.

Desa yang berjarak 26 kilometer dari Karanganyar memiliki kontur berbukit-bukit dengan jalan yang cukup menantang dan harus dilalui dengan hati-hati, terutama untuk wisatawan yang belum pernah menggunakan kendaraan pribadi menuju daerah tersebut. Namun karena sambutan alam yang begitu indah menyapa mata kita, segala rasa lelah akan terobati dan kita akan kembali bersemangat kembali menuju ke daerah wisata tujuan kita.


Desa ini kaya dengan kekayaan alam yang berpotensi menjadi objek wisata. Dalam hal ini, kami tim KKN PPM UGM 2010, unit 104 berusaha untuk mengeksplorasi dan mempublikasikan hasil kerja kami untuk dapat mempromosikan desa wisata ini, karena potensi alam yang begitu indah dan menyenangkan terasa sia-sia bila tidak kita nikmati dan kita kunjungi. Dari hasil observasi kami, kami rasa Desa ini memiliki potensi berbagai wisata, seperti wisata alam, wisata religi, wisata olah raga dan banyak lagi yang lainnya.

Gerbang Candi Ceto Berkabut
Salah satu objek wisata yang paling terkenal dari Desa Gumeng adalah Candi Ceto, candi ini merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Hindu yang berada di Jawa Tengah, selain candi Sukuh. Terletak di ketinggian paling atas dari desa Gumeng, sehingga sering kali dikatakan bahwa Candi Ceto merupakan Candi di atas awan.

Dalam website ini akan dikupas segala macam kegiatan pariwisata di Desa Gumeng ini, sehingga mempermudah akses informasi kepada wisatawan. Silahkan eksplorasi potensi di sini, jika ada merasa senang, sampaikan pada teman anda, bila ada kekurangan mohon sampaikan pada kami....

DESA GUMENG, dengan CANDI CETO, CANDI DI ATAS AWAN'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar